P untuk Peradaban | Glosari

Diposting oleh FilsafatKonseling on 8.27.2010

Peradaban adalah sejarah pendominasian dan penundukkan atas alam dan perempuan. Peradaban adalah suatu demarkasi nilai berdasarkan olahan material dan pembagian kerja. Nilai tersebut yang mengotakkan manusia ke dalam kotak kemajuan dan kotak keterbelakangan. Peradaban merupakan satu alat pemenggal cara pandang organistik lantaran menempatkan sebagian manusia sebagai pusat segala hal (solipsistik). Peradaban melanggengkan nilai kuasa yang ditawarkannya dengan cara mendomestifikasi sedemikian rupa; alam, manusia, terutama perempuan, dan hewan merupakan objek domestifikasi. Peradabanlah yang menjadikan manusia sebagai satu-satunya spesies yang mendomestifikasi sesama spesiesnya.

Dalam perkembangan mutakhirnya, peradaban tertentu bisa digunakan sebagai pendulangan sikap heroik atas masalalu yang dihadirkan sedemikian rupa untuk melampaui peradaban lain. Dengan demikian, peradaban merupakan relasi sosial sekaligus kekuasaan. Peradabanlah yang membuat masyarkat adat menjadi tidak luhur lantaran dari kacamata peradaban masyakarat adat merupakan kelompok tertinggal. Peradaban juga yang membuat manusia rela bekerja bukan untuk dirinya sendiri, melainkan orang lain. Peradaban juga yang menumbuhkan rasa permusuhan atau rasa kelainan terhadap alam dalam diri manusia


Artikel Terkait:

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Terima kasih atas peluangan waktu Anda membaca tulisan ini. Tentu saja, saya akan lebih berterima kasih lagi jika Anda ikut mengomentari tulisan ini.

 

YANG MENGIKUT

Hasil Bertukar Banner