Tasawuf | Menggali Inspirasi dalam Mencari Kebenaran dari MR Bawa Muhaiyaddeen

Diposting oleh FilsafatKonseling on 8.14.2010

Muhammad Raheem Bawa Muhaiyaddeen merupakan seorang sufi dan guru spiritual terkemuka dari Sri Lanka. Tanpa pamrih beliau selama lebih dari lima puluh tahun berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan orang-orang dari setiap ras dan agama dari berbagai belahan dunia. Dia pertama kali datang ke Amerika Serikat pada 1971 dan mendirikan Bawa Muhaiyaddeen Fellowship Amerika Utara di Philadelphia. Untuk mengetahui lebih teperinci soal Bawa Muhaiyaddeen Anda bisa melawat ke laman resmi Bawa Muhaiyaddeen Fellowship di sini.

Di Bawa Muhaiyaddeen Fellowship itu para murid Bawa Muhaiyaddeen meneruskan dan mengembangkan ajarannya. Dari Indonesia, ada beberapa orang pernah belajar spiritualitas di Bawa Muhaiyaddeen Fellowship, seperti Dr. Ratna Megawangi, misalnya. Dalam konteks dunia Barat, gerakan spiritualitas yang diseru Bawa Muhaiyaddeen sudah banyak dikaji oleh akademisi, salah satunya bisa ditemukan di dalam buku berjudul Sufism in the West yang diedit oleh Jamal Malik dan John Hinnells. Di Indonesia sendiri, beberapa bukunya sudah diterbitkan oleh Mizan, Pustaka Hidayah, dan Pustaka Prabajati. Dua orang dari peminat ajaran Bawa Muhaiyaddeen yang rajin menerjemahkan teksnya ke dalam bahasa Indonesia adalah Herry Mardian dan Watung Arif. Saya merekomendasikan Anda untuk mengunjungi laman kedua orang itu jika hendak mengulas soal spiritualitas, terutama berkenaan ajaran Bawa Muhaiyaddeen dan Rumi. Untuk Watung Arif, silakan lawat di sini, sedangkan Herry Mardian di sini.

Ajaran Bawa Muhaiyaddeen dikenal sangat mudah, namun memiliki kandungan mendalam. Ketika mengajar, beliau selalu menyapa muridnya dengan sapaan "Anakku". Dan, bagi Anda yang memiliki anak, silakan melawat ke laman resmi Bawa Muhaiyaddeen Fellowship, di sana ada material soal ajaran spiritual untuk anak-anak. Iya, Bawa Muhaiyaddeen juga bisa menyampaikan kandungan spiritualitas yang mendalam itu dengan bahasa yang bisa dimengerti oleh anak kecil sekalipun.

Dalam kesempatan ini, saya ingin berbagi tautan video Bawa Muhaiyaddeen mengenai perjalanannya mencari Kebenaran atau al-Haqq. Anda bisa melihatnya di sini. Jika Anda sudah menyimaknya, saya senang sekali jika Anda berkenan bertukar pikir dan rasa dengan saya. Saya tunggu respons Anda.

Salam.


Artikel Terkait:

{ 1 komentar... read them below or add one }

wakabdol 21 mengatakan...

saya ingin belajar bagaimana saya bisa mendapatkan ulasan beliau yg berbahasa Indonesia ?

Posting Komentar

Terima kasih atas peluangan waktu Anda membaca tulisan ini. Tentu saja, saya akan lebih berterima kasih lagi jika Anda ikut mengomentari tulisan ini.

 

YANG MENGIKUT

Hasil Bertukar Banner