C untuk Coolness | Glosari

Diposting oleh FilsafatKonseling on 8.19.2010

Coolness dimaksud adalah suatu hal spectacle belaka dalam pengertian Guy Debord (rujuk Society of the Spectacle). Spectacle adalah suatu relasi yang dimediasi oleh citra atau pencitraan. Dengan demikian, dalam spectacle yang terjadi hanyalah suatu peristiwa tontonan belaka yang merayakan kepasifan dan pertunjukkan pseudo-realitas. Sebagai ilustrasi, “[ke]hijau[an]” (green[ness]), secara spectacle, hanya sekadar pencitraan semu mengenai kepedulian lingkungan. Pada kenyataannya, perayaan hijau tersebut adalah demi pengintegrasian ke dalam akumulasi dan ekspansi kapital dan konsumsi citra.

Mendadak dunia industri dan korporasi mengeluarkan slogan “hijau” demi perengkuhan konsumsi massa yang bermuara pada kepasifan dan pencitraan belaka. Hal tersebut bisa dilihat dari, hampir bisa dipastikan, sebagian besar pelaku dan industri serta korporat yang merayakan gerakan hijau adalah perusak lingkungan signifikan; Freeport, Exxon-Mobile, Caltex, Medco, McDonald, misalnya. Lebih lanjut, kemudian, kesadaran mengenai lingkungan tersebut diarahkan pada pengonsumsian produk material, yang mana hal tersebut jauh dari sumber permasalahan krisis ekologis tersebut. 

Akan tetapi, hal itulah yang disematkan tanda sebagai hijau. Di luar itu, bukanlah hijau. Dan, pada akhirnya bukanlah suatu hal mainstream. Sesuatu yang tidak mainstream tidak mencitrakan coolness (kekerenan). Pertemuan Internasional mengenai lingkungan di Bali beberapa tahun lalu merupakan contoh bagus dari spectacle. Di mana pihak industri dan korporasi menjadi sponsor kegiatan. Akan tetapi, tidak ada yang mengkritik mereka secara frontal; tidak ada penekanan—pun sekadar asumsi—bahwa nalar industrialisasi dan korporasi sebagai terjemahan kapitalisme adalah pelaku krisis ekologis terbesar.

Dengan demikian, “coolness” adalah citra atas realitas dan bukan realitas itu sendiri. Coolness juga suatu relasi sosial dan ikatan sosial berdasarkan citra. Anda tidak akan menjadi keren jika tidak mengonsumsi sesuatu atau menyantirkan citra sesuatu.


Artikel Terkait:

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Terima kasih atas peluangan waktu Anda membaca tulisan ini. Tentu saja, saya akan lebih berterima kasih lagi jika Anda ikut mengomentari tulisan ini.

 

YANG MENGIKUT

Hasil Bertukar Banner