Tasawuf | Ibn ‘Arabī | Download Buku Syajarat al-Kawn (Arab dan Indonesia)

Diposting oleh FilsafatKonseling on 8.11.2010

Tasawuf dalam Islam merupakan jantung spiritual agama. Untuk mengetahui keindahan agama, maka lihatlah tradisi esoterik atau spiritualitasnya. Begitu pun dengan Islam, tengoklah tasawuf untuk mencecap keindahannya.

Salah satu tokoh dan guru spiritual Islam terbesar adalah Ibn ‘Arabī. Lantaran keagungan tingkat spiritualitasnya, dia disematkan gelar Syaikh al-Akbar (Mahaguru) dan Muhyiddīn (Yang Menghidupkan Agama). Ibn ‘Arabī dilahirkan pada 28 Juli 1165 di Andalusia, Spanyol, dan meninggal di Damaskus pada 1240. Ibn ‘Arabī merupakan Sufi yang kesohor atas kebesarannya sekaligus kontroversinya. Ada dua tema besar dari visioner sufistiknya yang sampai sekarang menjadi penelitian dan perdebatan, yaitu Wahdat al-Wujūd (Kesatuan Wujud) dan Wahdat al-Adyan (Kesatuan Agama-Agama). Untuk masa sekarang, ada satu lembaga penelitian berskala internasional yang khusus mencurahkan penelitian soal Ibn ‘Arabi, yaitu The Muhyiddin Ibn ‘Arabi Society

Betapapun, untuk mengetahu lebih detail soal biografi Ibn ‘Arabī Anda bisa melihat di laman Penerbit Anqa dan The Muhyiddin Ibn ‘Arabi Society atau Stanford Encyclopedia of Philosophy entri Ibn ‘Arabī, pada tulisan ini kali saya sekadar berbagi salah tulisan Syaikh al-Akbar, yaitu Syajarat al-Kawn, saya unggahkan dalam dua bahasa, Arab dan Indonesia (Diterjemahkan oleh Deddy Djuniardi).

Syajarat al-Kawn? Apakah isinya? Langsung saja download atau unduh, yah.

Syajarat al-Kawn | Indonesia (doc.pdf)
Syajarat al-Kawn | Arab (doc.pdf)

Catatan:
Jangan lupa, alasan saya mendistribusikan kedua buku itu adalah soal penyebaran ilmu pengetahuan. Jadi, mohon jika Anda ikut mendistribusikan kedua buku ini tidak untuk tujuan komersial.


Artikel Terkait:

{ 11 komentar... read them below or add one }

sawali tuhusetya mengatakan...

terima kasih banget lnk donlodnya, mas. saya suka banget membaca biografi tokoh2 hebat sbg sumber inspirasi.

FilsafatKonseling mengatakan...

@ Sawali
Sama-sama Mas Sawali, saya senang juga jika Mas merasa buku itu berguna. Ada satu buku khusus mengenai autobiografi Ibn 'Arabi terkait pembelajaran dia dengan guru-guru spiritual terkemuka pada masanya. Kebetulan sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan judul Sufi-Sufi Andalusia, terbitan Mizan, dan juga bahasa Inggris dengan judul Sufis of Andalusia: The Ruh Al-Quds & Al-Durrat Al-Fakhirah. Kalo edisi Arabnya yah Ruh al-Quds dan al-Durrat al-Fakhirah itu, dua kitab digabung jadi satu untuk edisi terjemahannya. Kitab itu lebih mengena untuk menggali inspirasi :-)

Sariful mengatakan...

Langsung Sedot mas... :) matur nuhun.. buat inspirasi

FilsafatKonseling mengatakan...

@Sariful: Sama-sama, saya senang jika Anda bisa mendapatkan manfaat dari buku tersebut.

alamendah mengatakan...

(Maaf) izin mengamankan KELIMAAAX dulu. Boleh, kan?!
Thaks atas infonya. saya suka sekali membaca biografi tokoh2 besar islam

FilsafatKonseling mengatakan...

@Alamendah: Tentu Anda boleh kelimaaax. tapi tidak pertamaaax lantaran sudah diisi oleh yang lain :-p

Semoga bermanfaat bukunya.

Noi Damhaila mengatakan...

sedot..sedoottt.. izin sedot, gan..

FilsafatKonseling mengatakan...

@ Noi: Sok, gan, sedot sampai kering. Jangan lupa, Gan, sehabis baca diskusi di sini :-p

Aku mencintaimu.. mengatakan...

Terimakasih, buku yang bagus..

Anonim mengatakan...

sudah mati link nya..???

soni porwanto mengatakan...

link mati

Posting Komentar

Terima kasih atas peluangan waktu Anda membaca tulisan ini. Tentu saja, saya akan lebih berterima kasih lagi jika Anda ikut mengomentari tulisan ini.

 

YANG MENGIKUT

Hasil Bertukar Banner